Wednesday, June 12, 2013

SENIMAN KENANG TOKOH INDUSTRI KREATIF KOTA BANDUNG

Bandung, 19/10 (ANTARA) - Sejumlah seniman akan menggelar pertunjukan bertajuk "Balada untuk Wawan Juanda" untuk mengenang tokoh industri kreatif di kota itu yang meninggal pada 5 Juli.

"Ini merupakan sebuah persembahan, ungkapan terima kasih dari baladais yang akan digelar di Bumi Sangkuriang 20 Oktober," kata musisi balada Egy Fedly pada pengumuman pelaksanaan kegiatan itu di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Selasa.

Wawan Juanda menurut Egy, dikenal sebagai tokoh yang mempelopori industri kreatif di Kota Bandung.

"Dia 20 tahun berkecimpung di dunia pertunjukan dan festival di berbagai daerah," katanya.

Di Bandung, kata egy, Wawan menjadi penggagas beragam acara yang melibatkan masyarakat banyak dan sejumlah artis serta band. Beberapa idenya tertuang dalam bentuk "Braga Festival", "Bambufest", "Spicefest", "Batik Festival", "Dago Walking Day", dan masih banyak lagi karyanya yang telah menjadi ikon kota Bandung.

Menurut dia, para musisi balada akan mengenang Wawan dengan membawakan kompilasi lagu yang akan disuguhkan oleh para baladais, seperti Mukti-Mukti, Ferry Curtis, Ganjar Noor, Sisca Guzheng, Egi Fedly, KaiYa, hingga empat Perempuan.

Seniman Tisna Sanjaya mengatakan, Kota Bandung harus bangga karena punya orang seperti Wawan.

Menurut dia, Wawan dapat dikatakan sebagai peletak industri kreatif di Kota Bandung.

"Hal itu dapat dilihat dari berbagai dedikasinya terhadap pergerakan kesenian di Bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata Tisna mengenai lelaki kelahiran Bandung pada 5 Desember 1958 itu.

Acara itu akan dimeriahkan pula oleh beberapa penyair.

Menurut Egy, cita-cita, semangat, dan perjuangan pergerakan kesenian diharapkan dapat dilanjutkan oleh generasi-generasi baru.*
(pso-155/s018)


COPYRIGHT © 2010 ANTARAJAWABARAT
PubDate: 13/Jun/2013 01:07

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.