Wednesday, June 12, 2013

Relawan Pemberantasan Buta Aksara Dilatih Papan Baca Masyarakat Dibuat di Pantai Kamali

Radar Buton - Kamis, 13 Aug 2009, | 284

BAUBAU—Pemkot Baubau bekerjasama dengan Yayasan Baca Indonesia (YBI) Selasa (11/8) mengadakan pelatihan relawan pemberantasan buta aksara. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Dinas Pendapatan Pengolahan Aset Daerah, dengan mengusung tema ”Sewindu Baubau Cerdas Dengan Membaca,” dan diikuti 40 pegawai utusan dari tujuh kecamatan.

Konsultan Minat Baca Nasional, Wachyudi Muchsin, mengatakan, sesuai rencana akan dicanangkan pada 17 oktober nanti, bertepatan dengan HUT Baubau kedelapan. Menurutnya dengan metode kubaca, akan membaca cepat yang mudah dan menyenangkan bagi pembaca pemula. Disamping itu kata dia, dengan mengajarkan membaca yang berbasis kata, dari kata lebih mudah disusun menjadi kalimat terangkai menjadi sebuah wacana.

”Tujuh kecamatan yang akan dibangun mungkin tidak menyelesaikan masalah, karena kurangnya fasilitas baca di Baubau, seperti menjadi kritikan banyak pihak, idealnya satu taman baca 5000 bahan bacaan, maklum karena keterbatasan anggaran, maka diharapkan kepada seluruh pihak untuk menyumbangkan bukunya melalui dompet buku yang akan dicanangkan oktober nanti,” harap Wachyudi, kemarin di kantor Radar Buton.

Lanjut dia, seorang relawan merupakan ujung tombak dalam mengkampanyekan minat baca ditingkat kecamatan dan kelurahan, sehingga dapat memberantas buta aksara dibeberapa daerah yang dianggap rawan, selain itu, akan dibuat papan baca masyarakat yang akan ditempatkan dipusat keramaian, seperti pantai kamali. ”Jadi masyarakat tidak sekedar berekreasi, tapi bisa membaca,” katanya.

Menariknya, dalam pelatihan itu, Ferry Curtis penyanyi balada dari Bandung yang menciptakan lagu ”Kepustaka” ikut berbagi dengan peserta relawan baca kemarin, dan ikut mendukung gerakan Baubau gemar membaca.(rin) 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.