Wednesday, June 12, 2013

Seniman Bandung Gelar Peringatan Hari Lupus Sedunia

Rabu, 06 Mei 2009 | 14:15 WIB

TEMPO Interaktif, BANDUNG: -Puluhan seniman Bandung dan Bali akan menggelar pertunjukan teater, musik, dan pembacaan memoar di Teater tertutup Taman Budaya (Dago Tea House), Sabtu (9/5) mendatang. Acara bertema "Morning Light" itu untuk menyemangati hidup penderita lupus, terkait peringatan Hari Lupus Sedunia pada 10 Mei. "Ini juga ajang sosialisasi karena masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang lupus," kata Merry Christianty, panitia dari Syamsi Dhuha Foundation di kantornya, Rabu (6/5).

Seniman dan budayawan yang dijadwalkan tampil antara lain, Iwan Abdulrahman, Eusi Komariah, Bulan Trisna Djelantik, Eka Gandara, Miranda Risang Ayu, dan Ferry Curtis. Harmonisasi musik, tari, dan pembacaan kisah penderita lupus itu ditangani Aat Suratin. "Kami kewalahan karena banyak seniman yang mau ikut," katanya.

Menurut Merry, para seniman merasa tergugah dan ingin memberi andil untuk mengurangi penderitaan penyakit lupus. Dalam acara itu juga akan diluncurkan album lagu kompilasi "Care for Lupus" dalam bentuk cakram padat dan buku memoar 11 penderita lupus di Bandung dan sekitarnya yang berjudul Cinta Membuatku Bangkit. "Masing-masing kami buat seribu buah," ujarnya.

Seluruh penderita lupus di Bandung dan sekitarnya yang berjumlah 700 orang akan diundang. Khusus tamu undangan dari kalangan umum, akan dimintai kesediannya untuk memberikan donasi. Dana yang terkumpul, kata Merry, akan digunakan untuk kegiatan organisasi lupus.

Penyakit lupus atau Systemic Lupus Erthematosus adalah penyakit yang menyerang berbagai sistem tubuh dan kekebalannya. Itu terjadi akibat produksi antibodi berlebihan. Penyakit yang belum ada obatnya tersebut umumnya menyerang perempuan berusia produktif.
ANWAR SISWADI

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.