Wednesday, June 12, 2013

REFRESHMENT PROGRAM - PT. ANUGERAH SURYA PRATAMA

Sabtu 5 Januari 2013 segenap keluarga besar PT. Anugerah Surya Pratama (perusahaan pertambangan yang berlokasi di kepulauan raja ampat papua barat tempat dimana saya bekerja), mengadakan acara refreshment program dengan konsep outbond training. Acara yang berlangsung selama satu hari ini di isi oleh para trainer asal bandung yang tergabung dalam “Buana Weh Adventure” dan mampu menghibur seluruh peserta. Hari hari yang selama ini dipadati aktivitas produksi penambangan nikel maupun kebisingan knalpot dan lalu lalang kendaraan alat berat, sejenak berubah menjadi pemandangan menarik. Gelak tawa bahagia dan rona keceriaan menghiasi wajah wajah karyawan.


Menurut pihak HRD Jakarta yang diwakili oleh Bapak Aris Gunawan, acara refreshment program sengaja di helat untuk memperkokoh spirit the corps (semangat persaudaraan sesama karyawan). Selain itu, acara yang di adakan setiap satu tahun sekali ini sebagai wujud keseriusan perusahaan dalam menumbuh kembangkan semangat/etos kerja karyawan, mengikatnya dalam bingkai kebersamaan yang berorientasi pada perubahan. Terlebih kegiatan sejenis refreshment program, memiliki nilai positif  yang dapat kita raih diantaranya seperti penyadaran akan nilai tanggung jawab, cara pendelegasian tugas yang baik, trust/kepercayaan, komunikasi, empati, disiplin kerja, kreativitas, kemandirian dan kepuasan karyawan dalam bekerja sebagai landasan terciptanya pertumbuhan atau kemajuan perusahaan sesuai yang dicita citakan.
 
Tidak hanya karyawan tetap, peserta yang terlibat dalam kegiatan ini mencakup seluruh karyawan lokal (penduduk asli papua), tenaga kontrak, siswa magang, staff lapangan hingga top management site. Metode penyajiannya menggunakan konsep indoor dan out door yang diramu melalui beragam permaian menarik diantaranya magic stick, sirkus, lompat tali, game ide kreatif, lempar bola dan sebagai penutup seluruh peserta diberikan studi kasus yang harus dipecahkan secara bersama guna mengukur seberapa jauh soliditas antar sesama peserta. 
 
 
Puncak kemeriahan acara semakin terasa saat hari mulai menjelang malam, dimana seluruh peserta dihadiahi penampilan sang musisi balada asal kota bandung bernama Ferry Curtis. Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada jajaran management dan seluruh peserta training atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sebagai musisi sekaligus penulis lagu peringkat 5 besar terbaik di Indonesia, beliau mengacungi jempol dan bersyukur karena bisa menginjakkan kaki di pulau raja ampat. Sontak atas pernyataannya itu, para hadirin menyambut dengan tepuk tangan meriah penuh antusias.  
 
Selama mengikuti acara, ada satu moment yang tidak bisa terlupakan. Dibawah temaram sorot lampu infocus, para peserta di minta terlibat nyanyi bersama dengan lagu bertajuk ‘KITA DAN KERJA’ karangan Ferry Curtis. Mereka hanyut dalam kebersamaan, gema suara peserta mampu menggetarkan dinding dinding putih aula office Manuran. Mereka berteriak dengan lantang “Lakukan yang terbaik selagi engaku bisa, lakukan yang terbaik selagi engkau ada” dan dinyanyikan secara berulang ulang. Begitulah sepenggal lirik lagu yang cukup menyentuh hati dan menggugah semangat para peserta yang hadir malam itu.
 
 
Lirik lengkap lagu berjudul KITA DAN KERJA ciptaan Kang Ferry Curtis :
Kita ada karena kita kerja
Kita kerja karena kita ada
Lakukan yang terbaik selagi engkau bisa
Lakukan yang terbaik selagi engkau ada
Banyak memberi pasti banyak menerima
Banyak yang kau curi pasti ada yang tercuri
 
Sebagai lagu pamungkas, Ferry Curtis menyerukan kepada segenap karyawan agar dalam mengarungi hidup harus berani berinovasi, jangan takut gagal dan tanamkan pada diri kita agar selalu membudayakan semangat membaca, karena dengan membaca, cakrawala berfikir kita semakin terbuka. Karena membaca berarti  kita telah membuka jendela dunia.
 
 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.